Banyak Media Online Hanya Meng-copy Paste Informasi

Senin, 20 Februari 2017 - 17:59 WIB
Banyak Media Online Hanya Meng-copy Paste Informasi
Banyak Media Online Hanya Meng-copy Paste Informasi
A A A
BANDUNG - Derasnya arus informasi dewasa memiliki dampak negatif yakni banyaknya berita bohong (hoax). Untuk menekan arus hoax ini, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis mengimbau masyarakat agar cermat memilih sumber informasi yang beredar saat ini.

Khususnya di dunia maya, banyak media online yang begitu mudahnya meng-copy paste berita tanpa proses verifikasi. Parahnya lagi banyak netizen yang ikut menyebarkan berita tersebut di dunia maya, alhasil berita tersebut pun tersebar masif.

”Yang paling banyak di media baru. Copy paste disebar tanpa akurasi pengetahuan, tidak diuji, filterisasi,” kata Yudi usai deklarasi ”Bandung Hantam Hoax” di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (20/2/2017).

Arus informasi tersebut dapat berdampak negatif dan menyebabkan fitnah. ”Akhirnya tersebar di mana-mana, fitnah di mana-mana,” ujarnya.

Dia berharap Dewan Pers dapat mengambil tindakan secara bijak dan profesional untuk memverifikasi media online yang saat ini sangat mudah bermunculan.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6363 seconds (0.1#10.140)